Rakerda PKS Kota Batam Lahirkan Sejumlah Rekomendasi dan Sikap Politik

Detak News, BATAM – Rapat kerja daerah (Rakerda) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Batam, Minggu (27/3/2022) sukses melahirkan sejumlah rekomendasi dan juga sikap politik PKS di 2022.

Rekomendasi dan sikap politik tersebut, diantaranya:

Bacaan Lainnya

Pertama, Kota Batam dengan segala potensinya telah ditetapkan sebagai pusat kegiatan strategis nasional (pksn) oleh pemerintah pusat.

Hal ini membawa konsekuensi banyak proyek dan kegiatan strategis nasional yang dilaksanakan di kota batam. Untuk itu, dibutuhkan efektivitas koordinasi dan kebijakan dalam mendukung dan melaksanakan berbagai proyek dan kegiatan strategis nasional di kota batam.

Kebijakan ex-officio walikota batam sebagai kepala bp batam adalah kebijakan yang tepat, karena mampu mensinergikan dua institusi yakni pemko batam dan bp batam menjadi dua mesin pembangunan kota batam yang efektif. Sehingga mampu membawa kemajuan kota batam dan hasilnya dapat dirasakan oleh masyakarat.

“PKS Kota Batam mendorong pemerintah pusat untuk tetap mempertahankan kebijakan walikota batam sebagai ex-officio Kepala BP Batam pasca 2024.

Kedua, Pandemi covid-19 berdampak pada perekonomian nasional, tak terkecuali kota batam. Banyak masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (phk), umkm terlilit berbagai kesulitan. Akibatnya banyak keluarga yang bermasalah dari sisi ekonomi dan ketahanan keluarga. Perceraian di kota batam meningkat.

Biarpun ekonomi sudah mulai membaik, seiring terkendalinya pandemi covid-19, namun pks kota batam melihat perlu adanya kebijakan dari pemerintah kota batam yang menyentuh langsung kepada masyarakat khususnya masyarakat kecil guna penguatan ekonomi dan ketahanan keluarga, seperti pemberian bantuan usaha, penyediaan lapangan kerja, dan langkah lainnya yang dibutuhkan masyarakat akibat dampak pandemi covid-19.

Ketiga, Kota Batam sebagai daerah yang memiliki pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi, harus memiliki sistem ketahanan pangan yang kuat dan teruji. Hal ini penting, disamping guna menjaga ketahanan pangan dalam konteks menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat, juga dapat mengurangi ketergantungan dengan daerah lain, terutama impor bahan pokok dari luar negeri.

Untuk itu, pks kota batam mendorong agar segera dibuat peraturan daerah tentang ketahanan pangan sebagai regulasi yang mengatur bagi pemerintah daerah dalam merumuskan program dan kegiatan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di kota batam.

Pks kota batam juga mendorong kepada pemerintah kota batam agar lebih peduli dan berpihak kepada para petani dan nelayan yang jumlahnya ribuan di kota batam. Para petani dan nelayan tersebut, merupakan garda depan penyediaan kebutuhan pokok masyarakat dan ketahanan pangan di kota batam.

Keempat, sebagai daerah industri, kota batam sebagian besar penduduknya adalah pekerja. Adanya kasus meninggalnya seorang pekerja yang sedang hamil akibat tertabrak forklift merupakan preseden buruk. Kasus ini menegaskan bahwa pelaksanaan dan pengawasan terhadap keselamatan kerja perlu menjadi perhatian serius oleh semua stakeholders sehingga kasus serupa tidak terulang.

PKS Kota Batam mendorong agar pemerintah kota batam memberikan perhatian yang lebih serius terhadap pelaksanaan dan pengawasan keselamatan kerja dan pemutusan hubungan kerja (phk) sepihak di kota batam.
5. “beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kugoncang dunia”, demikian ungkapan bung karno, proklamator republik indonesia.

Kata-kata bung Karno tersebut menegaskan bahwa sedemikian besar potensi pemuda, karenanya pks kota batam mengajak kepada pemuda di kota batam untuk bersama-sama dan bersatu padu dengan segenap potensi yang dimiliki untuk peduli dan berkontribusi kepada pembangunan dan kemajuan kota batam tercinta.

Keenam, perkampungan tua di Kota Batam, hingga saat ini belum selesai status hukumnya.
Untuk itu, pks kota batam mendorong agar sebelum kepemimpinan walikota batam / kepala bp batam berakhir, permasalahan perkampungan tua di kota batam sudah diselesaikan.

Ketujuh, seiring meningkatnya suhu politik menjelang tahun 2024. Pks kota batam mengajak segenap masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan keamanan kota batam saat ini dan jelang pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024. Mari kita jaga kota batam tercinta.

Dalam rangka menghadapi pelaksanaan pilkada kota batam 2024, pks kota batam siap memberikan dan mewakafkan kader-kader terbaiknya untuk menjadi pemimpin dan kepala daerah kota batam guna melanjutkan estafet kepemimpinan muhammad rudi dan amsakar achmad. Kader-kader terbaik PKS Kota Batam tersebut adalah bakhtiar m. Rum, Raden Hari Tjahyono, Suryani, dan Yusuf. (r)

Editor: Tengku Bayu

Pos terkait