TK Hangtuah Dabo Singkep Gelar Peragaan Manasik Haji

anak-anak TK Hangtuah Dabo Singkep didampingi para orangtuanya dalam kegiatan peragaan manasik haji. ist
anak-anak TK Hangtuah Dabo Singkep didampingi para orangtuanya dalam kegiatan peragaan manasik haji. ist

Detak News, LINGGA – Untuk memperkenalkan dan memberikan pengajaran kepada anak didik tentang tata cara melaksanakan kegiatan ibadah haji yang benar saat berada di tanah suci Makah sesuai rukun Islam yang ke-5, Taman Kanak-kanak (TK) Hangtuah Dabo Singkep menggelar peragaan manasik haji di lapangan Masjid Az Zulfa, Sabtu (12/02/2022).

Pada kegiatan peragaan tersebut, antusias anak-anak usia dini yang berada dibawah yayasan yang dibina langsung oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep itu begitu tinggi. (±) 50 orang anak-anak begitu mencermati jalannya kegiatan.

Bacaan Lainnya

“Dalam pelaksanaan pengenalan dan peragaan manasik haji ini, kami laksanakan semirip mungkin dengan pelaksanaan sebenarnya, hanya saja dalam lingkup yang lebih kecil,” kata Komandan Lanal (Danlanal) Dabo, Letkol Laut (P) Didik Hermawan M.,Tr.Opsla kepada Awak Media, Sabtu(12/2/2022).

Ia menjelaskan, selain bermanfaat bagi para siswa dan siswi TK Hangtuah, para orang tua murid dan undangan yang hadir juga dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari beberapa rangkaian kegiatan peragaan manasik haji yang dipraktekan oleh para siswa.

“Seluruh siswa TK Hangtuah yang terlibat pada kegiatan manasik itu terlihat antusias dan bersemangat dalam melaksanakan latihan,” ujarnya.

Para siswa laki-laki hanya memakai kain ihram layaknya orang yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makah. Sedangkan untuk siswa perempuan, memakai pakaian serba putih dan memakai kerudung yang juga berwarna putih.

“Pada kesempatan itu, mereka diajarkan cara tawaf, shalat sunnah tawaf, sa’i yaitu lari-lari kecil dari Safa ke Marwah, kemudiah wukuf di Arafah serta melempar jumroh dan tahallul yaitu menggunting rambut,” Ungkapnya.

Sementara itu, pembimbing kegiatan manasik tersebut, Ustadz Mulyadi Lc.,Ma “mengapresiasi langkah yang dilaksanakan oleh TK Hangtuah. Ia berharap, program seperti itu menjadi program tetap, sehingga TK Hangtuah mampu mewujudkan siswa-siswi nya menjadi anak yang beriman sesuai syariat Islam. (r)

Pos terkait