Pemko Batam Terima 49 Siswa SMK Taruna Indonesia Jambi

Kadisbudpar Batam, Ardiwinata menerima cinderamata dari perwakilan Taruna Indonesia Jambi dalam kunjungannya ke Batam. ist
Kadisbudpar Batam, Ardiwinata menerima cinderamata dari perwakilan Taruna Indonesia Jambi dalam kunjungannya ke Batam. ist

Detak News, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menerima 49 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Indonesia Jambi, bertempat di Lantai 4 Kantor Walikota Batam, Selasa (19/10/2021). Kunjungan ini diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertamanan (Perkimtan) Kota Batam, Eryudi Apriadi.

Ardi mengucapkan selamat datang ke Kota Batam kepada 49 pelajar dan 13 guru dari SMK Taruna Indonesia Jambi. Dalam sambutannya, ia menggambarkan Kota Batam kota yang terus berkembang.

Bacaan Lainnya

“Kota Batam ini kota terencana sebagai kota industri, jasa, alih kapal, dan pariwisata,” katanya.

Pada tahun 2019, ia menyebutkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1.947.943 kunjungan. Sebagai Kota Pariwisata, Batam memiliki destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

“Di Batam memiliki kuliner yang lezat ada mie lendir, seafoodnya juga terkenal fresh,” terangnya.

Batam juga sebagai kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Tercatat, pada 2019 ada 132 meeting digelar di Kota Batam. Tak hanya itu Batam mempunyai Masjid terbesar se-Sumatera bernama Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang diresmikan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Jika ada kesempatan bisa berwisata di Batam,” ujarnya.

Selain itu, Kota Batam juga mempunyai museum pertama bernama Museum Batam Raja Ali Haji, bertempat di Dataran Engku Putri, Batam Center. “Setelah acara ini, anak-anak mengunjungi museum, disana kalian bisa melihat sejarah Batam dari masa Riau Lingga sampai sekarang,” terangnya.

Berkat kerjasama antara Pemko Batam, TNI Polri, dan masyarakat, Batam berada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1. Artinya aktivitas mulai kembali normal, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Kepala Perkimtan Kota Batam, Eryudi menjelaskan perkembangan Kota Batam mulai dari Pelabuhan Batu Ampar, Bandar Udara Internasional Hang Nadim. “Bisa menjadi motivasi adik-adik semua, siapkan diri tingkatkan akademi dan kemampuan,” katanya.

Ketua Jurusan Nautika Kapal Niaga SMK Taruna Indonesia Jambi, Ferdinal mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Pemko Batam. Ia menyampaikan, Kotam dikenal sebagai kota industri dan pelayaran.

“Batam tempat yang tepat dan sesuai sasaran pada kegiatan kunjungan edukatif ini,” katanya.

SMK ini mempunyai jurusan Pelayaran Kapal Niaga dan Tehnik Audio Video. “Di Batam ladang industri dan pelayaran,” ujarnya. (r)

Pos terkait