Lanal Batam Tuan Rumah Upacara HUT TNI ke-76 Secara Virtual Tingkat Kota Batam

Upacara HUT TNI ke-76 dipusatkan di Lanal Batam. ist
Upacara HUT TNI ke-76 dipusatkan di Lanal Batam. ist

Detak News, BATAM – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kota Batam, Kolonel Laut (P) Sumantri K,M.M, bersama pimpinan TNI dan Polri di Kota Batam, Walikota Batam yang diwakili Sekda Kota Batam serta unsur Forkopimda, mengikuti Upacara HUT TNI ke-76 dari Istana Merdeka Jakarta secara Daring.

Pelaksanaan HUT TNI ke-76 tahun 2021 ini dengan tema โ€œBersatu, Berjuang Kita Pasti Menangโ€ untuk kota Batam dipusatkan di Mako Lanal, Selasa (5/10/2021).

Bacaan Lainnya

Sebagai Perwira Upacara dalam HUT TNI ini yaitu Komandan Garnisun Tetap I Jakarta, Brigjend TNI Novi Helmi Prasetya, sedangkan Dan Up, dipercayakan kepada Komandan Brigif 21 Komodo Kodam IX Udayana, Kolonel Inf Tunjung Setyabudi S.Sos. Akmil 1998.

Adapun susunan kegiatan dalam upacara ini didahului dengan Lambang-lambang Kesatuan memasuki Lapangan Upacara, dan penghormatan kepada Lambang Lambang Kesatuan, dilanjutkan dengan Salam Kebangsaan, diiringi Lagu Indonesia Raya, kemudian penghormatan kebesaran kepada Inspektur Upacara dipimpin oleh Dan Up.

Selanjutnya mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga oleh perwakilan prajurit Tri Matra (TNI AD, AL dan AU).

Dalam Upacara HUT TNI ini, Presiden Joko Widodo memberikan Penganugerahan Bintang Kehormatan Republik Indonesia kepada sejumlah Prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Perwakilan penyematan Bintang tersebut yaitu: Bintang Kartika Eka Paksi Nararya kepada Kolonel Inf Anwar Wadan Pusdiklat Pasus Kopasus, dan Bintang Jalasena Nararya kepada Kapten Laut (T) Rohadi Saporo Nur Wadanden 6 SatKopaska Koarmada I, serta Bintang Swa Buana Paksa Nararya, kepada Serka Wawan Agus Setiawan, Ba Pamfik Satpom Lanud Husen Sastranegara.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan โ€œAtas nama rakyat Bangsa dan Negara saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia rakyat Bangsa dan Negara, serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan,” demikian ujar presiden mengawali sambutannya.

Presiden juga meminta agar TNI aktif dalam menghadapi ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan pencurian kekayaan alam di laut radikalisme terorisme ancaman siber dan ancaman biologi termasuk juga ancaman bencana alam.

Mengakhiri amanatnya โ€œSaya Perintahkan agar terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di negara kita, bergerak aktif dalam unsur industri global memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih lagi,” tegas Presiden.

Selesai Upacara Presiden dan Wakil Presiden, beserta Panglima TNI serta Kepala Staf Angkatan menyaksikan Demonstrasi Udara, dengan menampilkan Formasi Helli Tri Matra, Formasi Pesawat tempur TNI AU Golden Fly, dan Formasi pesawat TNI AU jenis F16, serta Formasi pesawat TNI AU jenis Sukoi FI 37 dan FI 30, dan dilanjutkan Video Conferance dengan Prajurit TNI yang melaksankan Tugas Operasi Militer.

Pertama dengan Pasukan Garuda yang bertugas di Libanon, kemudian bersama Satgas Ops Pam Pulau Terluar di Rote Ndau. Ketiga, Vicon bersama Satgas Natuna yang dipimpin oleh Danguspurla Koarmada I, yang On Board di KRI Multatuli.

Selanjutnya Vicon dengan prajurit yang melaksanakan Pam Perbatasan di Malaysia dan Entikong. Dalam Laporanya Dansatgas menyampaikan bahwa Prajurit yang bertugas di Wilayah Perbatasan sejumlah 450 orang tersebar di 29 Pos Satgas di wilayah Kabupaten Sambas, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Bengkayang, dan berhasil menemukan 460 Kasus, antara lain 395 Kasus Illegal, 53 Kasus Illegal Senpi, 1 Kasus Narkoba, dll, dan terakhir Presiden melakukan Vicon dengan Satgas Covid-19 di RS Lapangan Indrapura Surabaya.

Selesai melaksanakan Vicon, Presiden dan Wakil Presiden di damping Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat, Angkatan Laut serta Angkatan Udara meninjau pagelaran Alut Sista.

Presiden menyampaikan bahwa pagelaran alut sista ini di maksudkan sebagai bentuk transparansi kepada Rakyat bahwa penggunaan APBN Jelas, untuk pembelian Alut Sista TNI.

Pejabat yang mengikuti upacara secara virtual di Mako Lanal Batam Walikota Batam Diwakili Sekda,Ketua DPRD Kota Batam ,Kapolresta Barelang ,Dirpolair Polda Kepri ,Dansat Brimob Polda Kepri diwakili AKP I Made Dwi S,Dandim 0316/Batam, Danyonif Raider Khusus 136/TS,Danyonif 10 Marinir /SBY, Danlanud Hang Nadim Batam, Dandenpom 1/6 Batam, Kepala Pangkalan Armada Kamla Barat, Komandan KRI Beladau, Komandan KRI Lemadang, Seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN Lanal Batam.

Dalam Pelaksanaan Upacara secara Virtual tetap Melaksanakan Protokol Kesehatan Covid 19 dengan Sangat Ketat. (r)

Pos terkait