Gubernur Ansar dan Danrem 033 WP Buka TMMD ke-112 Kodim Batam

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, serta Dandim 0316 Letkol Kav Sigit Dharma membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di wilayah Kodim 0316. ist
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, serta Dandim 0316 Letkol Kav Sigit Dharma membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di wilayah Kodim 0316. ist

Detak News, BATAM – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad bersama Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, serta Dandim 0316 Letkol Kav Sigit Dharma membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di wilayah Kodim 0316/Batam, bertempat di Dataran Dendang Melayu, Jembatan I Barelang, Rabu (15/9/2021).

Program TMMD ke 112 tahun anggaran 2021 dipertegas berdasarkan Surat Telegram Komandan Korem 033/Wira Pratama nomor: ST / 574 / 2021 tanggal 30 Agustus 2021, yang ditujukan sebagai bakti TNI yang dilaksanakan sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah.

Bacaan Lainnya

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 ini mengambil tema “TMMD WUJUD SINERGI MEMBANGUN NEGERI” yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0316/Batam tepatnya di Kampung Teluk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang.

Pembukaan diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Gubernur Kepri Bapak Ansar Ahmad di Halaman Dendang Melayu, Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, yang diikuti sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat struktural di instansi sipil.

Dandim 0316/Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan selaku Dansatgas TMMD ke-112 tahun 2021 menjelaskan, kesiapan TMMD ke-112 yakni dasar pelaksanaan, waktu pelaksanaan, tempat sasaran, personil satgas dan logistik kegiatan TMMD di wilayah Pemerintah Kota Batam.

“Sasaran dalam TMMD kali ini meliputi pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1.700 M X lebar 8 M, pemasangan gorong-gorong di 2 titik dengan ukuran D 0,80 M X 2 lajur X 10 M dan ukuran D 0,40 M X 1 kajur X 20 M, serta semenisasi jalan sepanjang 200 M X lebar 4,2 M,” terang Sigit.

Lanjut Sigit, untuk sasaran non fisik akan dilaksanakan berupa penyuluhan kesehatan, pertanian, sosialisasi wawasan kebangsaan, Kamtibmas, pendidikan, penanganan penyebaran virus Covid-19, stunting.

“Posyandu, pos pembinaan terpadu, bahaya penyalahgunaan narkoba dan hukum disiplin lalu lintas serta pemberian bantuan sosial,” ungkap Sigit.

Sementara itu, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu melalui Pjs Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi menjelaskan, mengingat pentingnya program tersebut kepada warga yang berada di wilayah TMMD ke-112 senantiasa mendukung program TMMD ke-112 agar berjalan dengan lancar sehingga pembangunan dapat memberi manfaat serta menyejahterakan masyarakat di Kampung Teluk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang.

“Kami berharap masyarakat senantiasa mendukung kelancaran program TMMD ke-112 guna untuk mensejahterakan masyarakat serta membangun kampung agar lebih baik dari sebelumnya,” ujar Reza.

Masih dari tempat yang sama, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad turut memaparkan, kegiatan TMMD merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat.

Hal ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat, khususnya di wilayah Pemerintah Kota Batam,” ujar Ansar.

Lanjut Ansar, sasaran non fisik, upaya untuk memfasilitasi dan edukasi kepada masyarakat dengan berbagai hal diantaranya tentang wawasan kebangsaan dan pelayanan kesehatan meliputi kegiatan penyuluhan penanganan penyebaran virus Covid-19, stunting, posyandu, poswindu, penyakit menular dan tidak menular.

“Hal Ini sangat penting dan strategis ditengah persoalan masyarakat sekarang sebagai daya tangkal dan cegah dini. Oleh karena itu, kepada seluruh personel satgas TMMD ke–112 untuk selalu menjaga kerukunan dengan masyarakat, menjaga dan pelihara disiplin serta moril pada saat pelaksaan TMMD berlangsung. Kemudian, jaga faktor keamanan dan hindari pelanggaran sekecil apapun,” ungkap Ansar.

Terakhir, Ansar mengingatkan agar seluruh peserta yang terlibat dalam kegiatan TMMD agar menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, mengingat Covid-19 masih ada. (r/dbs)

Pos terkait