Kebijakan Penutupan Mesjid Disingapura, Ini Tujuannya

Batam – Antisipasi penyebaran virus corona, membuat Pemerintah Singapura mengambil kebijakan untuk menutup sementara seluruh masjid yang ada. Penutupan masjid ini dilakukan untuk proses pembersihan yang dilakukan oleh masing-masing pengurus masjid.

Kebijakan penutupan mesjig dilakukan sejak tanggal 13 hingga 17 Maret 2019. Salah satu mesjid yang tampak tutup saat dikunjungi adalah Masjid Sultan Singapura.

Bacaan Lainnya

Nizam salah seorang warga Singapura Menjelaskan bahwa Mulai hari Jumat tanggal 17 Maret semua masjid ditutup.

“Mulai hari Jumat ini, Mesjid di tutup saya pun tak sholat Jumatlah, hanya sholat Dzhuhur saja itu pun tidak Sholat di Mesjidโ€ kata Mohammad Nizam, salah seorang warga Singapura, Jumat (13/3/2020) siang.

Menurut Nizam, penutupan seluruh masjid ini dilakukan pasca adanya salah seorang warga Singapua yang terpapar virus corona pasca menghadiri kegiatan kerohanian di negara tetangga, Malaysia. โ€œMereka satu rombongan menghadiri tabligh di Malaysia dan lepas tu ada yang terjangkit. Sehingga Pemerintah Singapura memutuskan untuk melakukan pembersihan seluruh masjid yang ada di Singapura,โ€ katanya lagi.

Terpisah, Elin salah seorang pengunjung asal Indonesia yang dijumpai di sekitar Masjid Sultan Singapura mengaku sangat menyayangkan penutupan masjid tersebut. Pasalnya, ia tidak dapat melakukan ibadah sholat di masjid tersebut. โ€œSaya sudah niat mau sholat di masjid ini. Tapi sampai sini, masjid ditutup. Kecewa juga tapi ini kan kebijakan pemerintah (Singapura) sini. Kita tidak bisa bicara apa-apa,โ€ kata Renty.

Sementara itu, dari pantauan di Masjid Sultan Singapura terlihat, tulisan pemberitahuan tentang ditutupnya masjid terpajang di depan pintu masjid. Dalam pengumuman tersebut dituliskan keterangan masjid ditutup untuk pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Penutupan dilakukan sejak 13 hingga 17 Maret 2020 mendatang. Selain itu terdapat juga pengumuman bertuliskan โ€œClosed for tours and visit in view of Covid-19 situationโ€. Di dalam area masjid juga terlihat petugas masjid tengah membersihkan area dalam dan luar masjid.

Pos terkait