Desa Lahemo Gelar Rapat Laporan Pertanggungjawaban APBDes TA 2019

Nias – Pemerintah Desa Lahemo Kecamatan Gido Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara, melakukan rapat  laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes Tahun 2019 di Gedung Balai pertemuan Desa Lahemo  Rabu, (08/01/2020).

Pertemuan pelaksanaan rapat Pertanggubjawab APBDes TA. 2019 Desa Lahemo tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Lahemo Kecamatan Gido Kabupaten Nias, dipimpin oleh Ketua BPD Lahemo. Antara lain: Rapat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes TA.2019

Bacaan Lainnya

Sebelum pak Camat menyampaikan arahan dan bimbingan terlebih dahulu ketua BPD Desa Lahemo menyampaikan sambutanya.

Ketua BPD Desa Lahemo Kec.Gido menyampaikan rasa terima kasih dan syukur kepada tuhan yang maha kuasa bisa bertemu di tahun 2020 ini. Pada kegiatan pelaksanaan Anggaran Dana Desa TA.2019 senantiasa menyambut baik dan mengapresiasi  kinerja dari Kepala Desa dan  perangkat Desa seluruhnya dimana anggaran Dana Desa yang kita terima melalui RKUDes  pelaksanaannya boleh terserap dengan dalam waktu yang singkat.

Sementara Pada sambutan dan Arahan Camat Gido Jellysman Geya.S.STP.Msi dihadapan Media dan masyarakat mengatakan Bahwa sebenarnya tidak sepenuhnya percaya kepada para kepala Desa karna saya orangnya yg taat Hukum,aturan dan tidak pernah main -main dalam bekerja,tetapi Desa Lahemo ter lebih kepala Desa telah menjawab keraguan dan kepercayaan yang saya berikan kepadanya,dimana dari sejumlah Desa yang ada di Kecamatan gido, Desa lahemo memulai awal pertanggungjawaban laporan APBDes TA.2019.

Lanjut Jellysman mengatakan “Saya  sangat mengapresiasi kinerja kepala Desa dan perangkat Desa dimana mereka bekerja keras demi membangun Desa lahemo kearah yang lebih maju Dan mendukung setiap kegiatan sepajang itu sesuai aturan,”

Sementara Pada Laporan Kepala Desa Lahemo Fa’akhododo Waruwu S.pd memaparkan kegiatan pelaksanaan dan anggaran Dana Desa yang sudah terserap dan belum terserap.

“Pertama-tama Bersyukur kepada masyarakat yang telah memenuhi Undangan yg kami layangkan dan boleh menghadiri walaupun tidak semua hadir pada saat ini,saya percaya bahwa yang hadir bukan orang-orang yang mewakili,” kata Kepala Desa Lahemo Fa’akhododo Waruwu S.pd

lanjutnya, Satu tahun ini seluruh pelaksanaan roda Pemerintahan Desa Lahemo sudah berjalan dengan  sesuai dengan apa yang kita harapkan  dan berkat kerjasama yang baik.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pelaksanaan Anggaran Dana Desa yang sudah kita terima TA 2019  yang sudah terlaksana  secara padat Karya  ialah di 4 Dusun:

1.Sanitasi Air bersih

2.Tembok penahan dan pemasangan  Paving Blok disamping  Gereja AFG di lolozarambua

3.Meningkatkan Jalan menuju Balai pertemuan

4.Peningkatan pembangunan di Lokasi Gowe Tuada HO.

5.Pelaksanaan pembangunan Rabat Beton.

Sementara Anggaran Yang diterima dan sudah terserap pada kegiatan fisik antara lain

– Belanja pada bidang penyelenggaraan Desa sebesar, Rp.453.197.200.00

-Pelaksanaan bidang pembangunan Desa (Fisik) sebesar Rp.1.399.710.176.00

-Bidang pembinaan Masyarakat sebesar, Rp.248.6100.500.00

-Bidang Pemberdayaan masyarakat Sebesar, Rp.125.750.000.00.

jumlah keseluruhan belanja mencapai sebesar, Rp 2.234.225.876.00

Selanjutnya Fa’akhododo  memamaparkan “bahwa anggaran dana yang dikembalikan yang tidak terserap secara garis besar ialah honor perangkat Desa yang sudah mengundurkan diri dari desa dan BPD  yang masih belum ditetapkan semua telah dikembalikan ke RKUDES Desa lahemo” paparnya.

“Sementara anggaran yang masih belum mampu kita serap kami pastikan kami pertanggungjawabkan dan mengembalikan kedalam RKUDes dan semua pajak dipastikan telah terbayarkan,” ucap Kades.

Fa’akhododo berharap  kepada camat Gido agar memberikan mbimbingan dan bekal untuk masyarakat Desa lahemo baik pelaksanaan kegiatan 2019 maupun di tahun 2020 .ujarnya

Diakhir acara, Kades telah menyediakan berupa makan siang dan acarapun berjalan dengan baik dan sukses.

Turut hadir pada acara tersebut,  Camat Gido, Jellysman B. Geya, SSTP, M.Si, sekcam Gido, PD Kecamatan Gido, PLD , dan mewakili Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Tohar Rudin dan staf, Ketua TP-PKK Desa Lahemo, Hartatina Zai, S.Pd, bersama anggota PKK, para perangkat Desa, Ketua LPM dan anggota, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda dan masyarakat lainnya.

(DT)

Pos terkait