Erick Thohir Ganti 2 Direktur Lama ASDP Indonesia Ferry

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir mengganti dua direktur lama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan muka baru  di tengah upaya BUMN itu menggenjot pembangunan infrastruktur pelabuhan penyeberangan, peningkatan kinerja pendapatan serta keselamatan.

Kedua direksi baru itu adalah Wahyu Wibowo sebagai Direktur SDM dan Layanan Korporasi dan Kusnadi Chandra Wijaya sebagai Direktur Teknik dan Fasilitas.

Bacaan Lainnya

Pergantian itu dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara nomor SK-338/MBU/12/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT ASDP Indonesia Ferry. Surat keputusan Menteri BUMN itu diserahkan oleh Plt Deputi bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Yuni Suryanto di Kementerian BUMN, Senin (30/12/2019) siang.

“Dengan bergabungnya dua direktur baru diharapkan dapat berkontribusi positif dalam memajukan perseroan,” kata Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dalam siaran pers, Senin (30/12/2019).

Wahyu Wibowo, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN yang menggantikan Direktur SDM dan Layanan Korporasi sebelumnya, Wing Antariksa. Kusnadi Chandra Wijaya merupakan pejabat karir di ASDP, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) yang menggantikan Direktur Teknik dan Fasilitas sebelumnya, La Mane.

Ira juga menyampaikan apresiasi kepada dua direktur sebelumnya yaitu Wing Antariksa yang telah berperan besar dalam transformasi pengembangan SDM dan La Mane yang membuat terobosan operasional.

“Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi yang luar biasa untuk ASDP. Dan untuk kedua Direksi baru diharapkan akan meneruskan langkah terobosan pendahulunya dan mengembangkan inovasi untuk keberlanjutan pelayanan dan bisnis ASDP yang lebih baik lagi,” kata Ira.

Pada 2019, ASDP menargetkan meraup pendapatan usaha sebesar Rp 3,3 triliun dan laba bersih sebesar Rp298 miliar, sedangkan target jumlah penumpang yang diangkut tahun ini mencapai 8,6 juta penumpang dan 6,84 juta unit kendaraan, serta 1,14 juta ton barang.

ASDP merupakan perusahaan pelat merah yang bergerak dalam bidang jasa angkutan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang yang didirikan pada 27 Maret 1973.

Saat ini, ASDP mengelola 29 kantor cabang, dan 35 unit pelabuhan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Perseroan mengoperasikan sebanyak 150 unit kapal yang melayani 243 lintasan penyeberangan yang menghubungkan 242 kota/kabupaten di Indonesia.

Susunan direksi ASDP Indonesi Ferry :
-Direktur Utama: Ira Puspadewi
-Direktur Keuangan dan IT : Djunia Satriawan
-Direktur Perencanaan dan Pengembangan : Christine Hutabarat
-Direktur Komersial dan Pelayanan : M Yusuf Hadi
-Direktur Teknik dan Fasilitas : Kusnadi Chandra Wijaya
-Direktur SDM dan Layanan Korporasi: Wahyu Wibowo

Susunan komisaris ASDP Indonesia Ferry : 

-Komisaris Utama : Lalu Sudarmadi
-Komisaris : Saiful Haq Manan
-Komisaris : Umar Aris
-Komisaris : Hendar Ristriawan

(bisnis.com)

Pos terkait