Akui al-Baghdadi Tewas, ISIS Tunjuk Pimpinan Baru

Lebanon – ISIS mengkonfirmasi kematian pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi. ISIS menunjuk penggantinya yakni Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi.

“Kami berduka untuk Anda… komandan umat beriman,” dalam sebuah pernyataan audio yang dibacakan juru bicara kelompok jihad tersebut, Abu Hamza al-Quraishi, seperti dilansir AFP, Kamis (31/10/2019).

Bacaan Lainnya

Baghdadi, yang memimpin ISIS sejak 2014, merupakan orang paling dicari di dunia. Dia tewas dalam serangan pasukan khusus AS di provinsi barat laut Suriah, Idlib.

“Dewan syura Negara Islam bersidang segera setelah mengkonfirmasikan syahidnya Syekh Abu Bakar al-Baghdadi, dan para sesepuh pejuang suci setuju adanya pengganti,” kata juru bicara ISIS Abu Hasan Al Muhajir.

Abu Hasan mengeluarkan peringatan keras kepada Amerika Serikat, karena Presiden Donald Trump mengumumkan kematian Baghdadi dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih.

Dalam pesan audio baru, Abu Hasan menggambarkan Trump sebagai ‘orang gila’ dan memperingatkan AS para pendukungnya akan membalas kematian Baghdadi.

“Jangan bersukacita lah dengan Amerika, yang baru terpilih akan membuat Anda melupakan kengerian yang telah Anda rasakan … dan membuat prestasi hari-hari Baghdadi terasa manis,” ujar Abu Hasan. (mb/detik)

Pos terkait